Piedra – Mikosis Superficialis non-Dermatofitosis

Piedra adalah infeksi jamur pada rambut, ditandai dengan benjolan/nodus sepanjang rambut. Disebabkan oleh Piedreaia hortae (black piedra) dan Trichosporon beigelii (white piedra).

Sinonim : black piedra, white piedra, tinea nodosa, piedra nostros, trikomikosis nodosa, chiqnon disease, Beigel disease.

Gejala Klinis :

  • Piedra hanya menyerang rambut kepala, janggut dan kumis tanpa memberi keluhan. Krusta melekat erat sekali pada rambut yang terserang. Ukurannya dapat sangat kecil sampai besar. Benjolan yang besar dapat mudah dilihat, diraba dan teraba kasar bila rambut diraba dengan jari. Jika rambut disisir, maka akan terdengar suara metal (klik).

  • Piedra hitam menyerang rambut kepala di bawah kutikel, kemudian membengkak dan pecah untuk menyebar di sekitar rambut (shaft) dan membentuk benjolan tengguli dan hitam. Piedra ini ditemukan di daerah iklim tropis.
  • Piedra putih menyerang janggut dan kumis. Benjolan berwarna coklat muda dan tidak begitu melekat pada rambut.

Diagnosis :

  • Piedra hitam : hasil KOH menunjukkan benjolan berukuran macam-macam dan terpisah satu dengan yang lain. Benjolan berwarna tengguli hitam ini terdiri dari hifa bersputum, teranyam padat dan di antaranya terdapat askus-askus. Dalam askus terdapat 4-8 askospora.
  • Piedra putih : hasil KOH menunjukkan benjolan tidak begitu terpisah satu dengan yang lainnya. Anyaman hifa mengelilingi rambut seperti selubung. Benjolan lebih mudah lepas dari rambut dan berwarna kehijau-hijauan yang transparan.

Pengobatan :

  • memotong rambut yang terkena infeksi atau mencuci rambut dengan larutan sublimat 1/2000 setia hari. Obat anti jamur yang konvensional juga dapat dipakai.

Posted on December 12, 2010, in Kulit Kelamin and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: